Cara Membersihkan Pompa Air Aquarium

Pompa air aquarium yang selalu bersih mampu menjaga habitat ikan tetap sehat. Namun, jika kotoran bertumpuk, ini justru akan menjadi racun bagi mereka, dan hewan peliharaan kita akan mati. Karena itu, diperlukan perawatan situansan rutin untuk menjaganya tetap bersih dan berfungsi normal.

Cara Membersihkan Pompa Air Aquarium

Membersihkan pompa aliran air DC mungkin salah satu item yang paling diabaikan di daftar pemeliharaan akuarium Anda. Kita semua tahu betapa pentingnya aliran air untuk menjaga tangki karang yang sehat.

 Bahkan jika air yang mengalir ke dalamnya bebas dari puing-puing, pompa masih beroperasi di lingkungan yang keras dan terus-menerus terkena air asin dan kadar kalsium dan alkalinitas tinggi. Semua ini dapat menyebabkan pengendapan pada bagian-bagian pompa Anda yang berhubungan dengan suhu tertinggi, seperti impeller, magnet, poros, atau di dalam motor DC itu sendiri. Bintik-bintik ini sering di mana kegagalan dalam pompa terjadi, jadi penting untuk menjaga mereka bebas dari presipitat kalsium.

Berikut adalah 10 langkah yang mudah diikuti untuk membersihkan pompa aliran air DC Anda:

Apa yang Anda Butuhkan:

  1. Sikat pembersih
  2. Obeng
  3. Beberapa Air Tawar dan / atau Cuka
  4. Handuk
  5. Wadah Tupperware atau ember
  1. Matikan daya ke pompa aliran air DC.
  2. Putuskan sambungan pompa dari pengontrol dan lepaskan dari bah.
  3. Bongkar alat kelengkapan inlet / outlet dan cabut volute.    
  4. Geser impeler keluar dan pastikan bersih dari kotoran atau serpihan apa pun.
  5. Bersihkan pompa dan komponennya di air tawar dan buang ganggang atau kotoran.
  6. Jika Anda melihat endapan kalsium, rendam pompa dan komponen dalam larutan 50/50 cuka dan air tawar. Ini akan memecah endapan dan membuatnya mudah bagi Anda untuk menyikatnya untuk dibersihkan.
  7. Setelah selesai, kumpulkan kembali pompa dan pastikan O`Ring berada di tempat yang tepat.
  8. Masukkan pompa kembali ke layanan dan sambungkan kembali ke kontroler dan daya Anda.
  9. Satu tip terakhir – jangan lupa tentang catu daya dan pengontrol DC Anda. Sebaiknya periksa kembali dan pastikan semuanya bersih dari debu / kotoran. Juga pastikan catu daya DC dipasang di tempat dengan ventilasi yang cukup agar tetap dingin dan kering.
  10. Cobalah untuk membersihkan pompa aliran air DC Anda setidaknya setiap 4-6 bulan. Jenis jadwal ini tidak hanya memperpanjang masa pakai pompa Anda dan memastikannya berjalan dengan efisiensi optimal (dan menghemat uang), ini juga membantu mencegah kegagalan pompa air dan potensi bencana bagi ikan Anda.